Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

IPS - Kerajaan Islam di Indonesia



Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
 
Agama Islam mulai berkembang di jazirah Arab pada abad ke-7 (tahun 622 Masehi). Agama Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang Arab dan Gujarat India sekitar abad ke-13.
Kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Indonesia antara lain :
@     Kerajaan Samudera Pasai
                                 Kerajaan ini adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia.
@     Kerajaan Aceh
         Kerajaan ini berdiri pada abad ke-16, letaknya di tepi selat Malaka. Pusatnya di sekitar Kutaraja (Banda Aceh sekarang) dan rajanya yang pertama adalah Sultan Ali Mughayat Syah. Rajanya yang terkenal adalah Sultan Iskandar Muda.
@     Kerajaan Demak
         Kerajaan ini muncul pada abad ke-16 dan menjadi kerajaan Islam pertama di pulau Jawa. Sultan Demak yang pertama adalah Raden Patah yang memerintah dari tahun 1481 sampai 1518. Sejak tampilnya kerajaan Demak, penyebaran agama Islam di pulau Jawa berkembang dengan pesat. Tokoh-tokoh penting dalam penyiaran agama Islam ini adalah para wali.
         Jumlah wali tersebut ada 9 (sembilan) orang, sehingga mereka dikenal dengan sebutan Wali Songo atau Wali Sembilan. Kesembilan wali itu adalah Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Ampel, Sunan Drajat, Sunan Muria, Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jato, Sunan Malik Ibrahim dan Sunan Kudus.
@     Kerajaan Banten
         Raja Banten yang pertama adalah Sultan Hasanuddin. Ia memerintah selama 18 tahun dan berhasil membangun kerajaan Banten menjadi pusat perdagangan Islam di Jawa Barat.
@     Kerajaan Ternate dan Tidore
         Kepulauan Maluku terkenal sebagai penghasil rempah-rempah, terutama cengkih dan ala, sehingga dijuluki the spicy island. Ada empat kerajaan yang muncul di Maluku pada abad ke-13 yaitu kerajaan Ternate, kerajaan Tidore, kerajaan Bacan dan kerajaan Halmahera. Rajanya bergelar Kolano.
         Kerajaan yang terkenal di Maluku pada saat itu adalah Kerajaan Ternate yang pusat pemerintahannya di Sampalu, Sultan pertamanya adalah Sultan Abidin, Rajanya yang terkenal adalah Sultan Hairun dan Kerjaan Tidore, Sultan pertamanya adalah Sultan Mansur, Rajanya yang terkenal adalah Pangeran Nuku.
@     Kerajaan Gowa dan Tallo
         Kedua kerajaan ini merupakan kerajaan kembar yang bersatu. Pusatnya di Sombaopu (Makassar), Sulawesi Selatan. Raja Tallo adalah Karaeng Matoaya dan Raja Gowa adalah Daeng Manrabia. Karaeng Matoaya adalah raja pertama yang memeluk agama Islam di Sulawesi Selatan. Ia bergelar Sultan Abdullah Awalul Islam. Sedangkan Daeng Manrabia bergelar Sultan Alaudin. Kerajaan Gowa-Tallo mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin (1653-1669) yang mendapat julukan “Sang Ayam Jantan dari Timur” karena sikapnya yang tegas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar